Kamis, 04 September 2014

Rumusan John Dewey terhadap 2 model pendidikan yang saling beroposisi

Rumusan John Dewey terhadap 2 model pendidikan yang saling beroposisi

No
Pendidikan tradisional: pusat pada guru
Pendidikan progresif: pusat pada murid
1


2


3

4


5

6

7

8

9

10
Pendidikan: transfer ilmu & keterampilan


Disiplin eksternal melalui pujian & hukuman

Murid belajar dari guru

Penguasaan ilmu & keterampilan dg drill


Titik berat materi: masa lampau

Pandangan dunia: statis

Pendidikan berpusat pd guru

Sikap murid: pasif, reseptif, patuh

Ilmu: sdh jadi, terbentuk, tersusun

Guru: pentransfer ilmu & keterampilan
Pendidikan: pengembangan seluruh potensi anak

Aktivitas bebas


Murid belajar dari pengalaman

Penguasaan materi hanya sarana bagi tujuan anak

Titik berat: masa sekarang

Dunia selalu berubah

Pendidikan berpusat pd murid

Murid aktif, mencari, bertanya

Ilmu: direkonstruksi terus-menerus

Guru: pengamat, fasilitator

Dewey menolak kedua model itu karena terlalu berat sebelah. Ia mencari basis baru: bukan berpusat pada guru dan bukan pada murid, tetapi pada pengalaman. Konsepsi Dewey tentang pengalaman sangat sentral bagi pandangannya tentang pendidikan.

Dikembangkan dari sumber:

John Dewey, Experience & Education, New York: Macmillan Publishing Company, 1963, hlm. 17-23.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 KAMPUS