Rumusan John Dewey terhadap 2 model pendidikan yang
saling beroposisi
No
|
Pendidikan
tradisional: pusat pada guru
|
Pendidikan
progresif: pusat pada murid
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Pendidikan: transfer ilmu & keterampilan
Disiplin eksternal melalui pujian & hukuman
Murid belajar dari guru
Penguasaan ilmu & keterampilan dg drill
Titik berat materi: masa lampau
Pandangan dunia: statis
Pendidikan berpusat pd guru
Sikap
murid: pasif, reseptif, patuh
Ilmu:
sdh jadi, terbentuk, tersusun
Guru:
pentransfer ilmu & keterampilan
|
Pendidikan:
pengembangan seluruh potensi anak
Aktivitas bebas
Murid belajar dari pengalaman
Penguasaan
materi hanya sarana bagi tujuan anak
Titik berat: masa sekarang
Dunia selalu berubah
Pendidikan berpusat pd murid
Murid aktif, mencari, bertanya
Ilmu: direkonstruksi terus-menerus
Guru: pengamat, fasilitator
|
Dewey menolak kedua model itu karena
terlalu berat sebelah. Ia mencari basis baru: bukan berpusat pada guru dan
bukan pada murid, tetapi pada pengalaman. Konsepsi Dewey tentang
pengalaman sangat sentral bagi pandangannya tentang pendidikan.
Dikembangkan dari sumber:
John Dewey, Experience & Education, New York: Macmillan Publishing
Company, 1963, hlm. 17-23.
0 komentar:
Posting Komentar